Selasa, 31 Maret 2015

Social Media

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".

Jenis - Jenis Media Sosial

1. Facebook
Jejaring sosial ini adalah sangat poluler di Indonesia, jejaring sosial yang di buat oleh Mark Zukerberg ini situs yang paling banyak di kunjungi oleh masyarakat Indonesia dengan pengguna sekitar jutaan. Dan di dunia mempunyai sekitar satu milyar pengguna. Banyak kalangan yang mempunyai akun facebook baik dari petani, pelajar, mahasiswa hingga presiden. Indonesia adalah pengguna facebook ke – 4 di dunia setelah amerika serikat, brazil dan india.

2. Twitter
Salah satu jejaring sosial pesaing berat facebook ini juga menjadi situs jejaring sosial terpopuler di Indonesia. Jejaring sosial ini lagi sedang hangat di bicarakan di masyarakat Indonesia. Walaupun setiap karakter dibatasi 140 karakter, tapi masih tetap saja di sukai banyak orang. Indonesia adalah pengguna twitter ke – 5 terbesar di dunia.

3. Path
Jejaring sosial ini tergolong baru tetapi sudah banyak menyedot perhatian di Indonesia maupaun dunia. Pengguna path bisa menginformasikan sesuatu melalui gambar, foto serta video. Yang membuatnya menarik adalah path di desain sebagai media untuk berbagi informasi kepada orang – orang terdekat anda seperti keluarga dan teman. Di Indonesia pengguna path termasuk sangat besar yaitu dengan pengguna satu perlima path di dunia adalah orang Indonesia.

4. Google plus
Jejaring sosial ini adalah ciptaan dari raksasa internet yaitu google yang berusaha menyaingi ketenaran facebook dan twitter. Di Indonesia google plus tergolong populer tetapi tidak sepopuler dengan facebook. Inilah yang menjadikan PR google agar jejaring sosialnya bisa setara dengan facebook dan twitter.

5. Instagram
Situs jejaring sosial ini menjadi buah bibir di tengah – tengah masyarakat Indonesia. Kelebihannya instagram dengan jejaring sosial lainnya adalah dapat memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto lalu memfilter foto tersebut kemudian bisa di posting ke berbagai macam jejaring sosial lainya seperti facebook dan twitter. Pengguna instagram di Indonesia termasuk banyak dan terbesar.

6. Youtube
Youtube adalah salah satu jejaring sosial yang paling banyak di gemari di Indonesia dari sekian banyak jejaring sosial yang ada. Kelebihannya adalah youtube unggul di bidang video dimana pengguna bisa mengunggah, menonton, mengunduh dan berbagi video melalui jejaring sosial lainnya.

7. Line
Layanan jejaring sosial yang fokus dalam chating ini membuat masyarakat Indonesia kepincut. Line kebanyakan di gunakan di smartphone. Sekarang line mengembangkan yaitu tidak hanya bisa di akses di smarphone tetapi juga bisa di akses di laptop dan tablet. Dan jejaring sosial ini mampu mengalahakan pesaingnya yaitu we chat, whatsapp dan kakaotalk.

8. Kaskus
Kaskus adalah jejaring sosial yang berbasis forum di buat tiga orang asli Indonesia ini menjadikannya salah satu jejaring sosial kebanggaan Indonesia. Penggunanya dapat berbagi informasi dan berteman di forum tersebut. Bukan hanya populer di Indonesia, tetapi juga populer di Negara tetangga kita yang salah satunya adalah Malaysia, Singapura dll.

9. Linkedin
Masyarakat Indonesia banyak hingga jutaan pengguna linkedin terutama untuk pebisnis dan pekerja profesional. Di Indonesia pengguna jejaring sosial ini menempati posisi ke tiga terbesar di dunia.

10. Foursquare

Merupakan jejaring sosial berbasis lokasi yang memungkinkan penggunanya dapat berbagi informasi lokasi ke teman temannya seputar lokasi tempat makan, hiburan, karaoke, dan lain – lain sehingga membuat masyarakat Indonesia ingin membuat akun di foursquare.

Dampak Positif
• Sebagai tempat promosi Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan
• Ajang memperbanyak teman, Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah
• Sebagai media komunikasi, Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalam maupun luar negeri Tempat mencari informasi, Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyeberannya
• Tempat berbagi, Dengan fitur yanga ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara.
Dampak Negatif
• Munculnya tindak kejahatan, Banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan penipuan
• Mengganggu hubungan antar pasangan, Media sosial juga dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain
• Menimbulkan sifat candu, Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar

Seperti itulah dampak negatif dan positif dari penggunaan media sosial, tetapi semua kembali lagi kepada orang yang menggunakannya. Media sosial hanyalah alat pengubung dan kita selaku pengguna harus menggunakannya dengan baik dan bijak.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar